Inovasi pendidikan Islam yang terlihat pada dewasa ini yaitu melalui
beberapa usaha-usaha yang dikhususkan untuk meningkatkan kesadaran anak didik
atas pentingnya pendidikan Islam. Beberapa proses inovasi itu diantaranya:
Lembaga keagamaan Islam melakukan upaya-upaya untuk memperbaharui
pendidikan Islam. Dan upaya-upaya tersebut yang oleh banyak kalangan disebut
sebagai upaya modernisasi pendidikan Islam. Gagasan awalnya, menurut
Husni Rahim (2005), setidaknya ditandai dengan dua kecenderungan
organisasi-organisasi Islam dalam mewujudkannya, yaitu:
1.
Mengadopsi sistem dan lembaga pendidikan modern (Belanda)
secara hampir menyeluruh.
2.
Munculnya madrasah-madrasah modern, yang secara terbatas
mengadopsi substansi dan metodologi pendidikan modern Beland, namun tetap
mrnggunakan madrasah dan lembaga tradisional pendidikan Islam sebagai basis
utamanya.
Melihat sesuatu yang berada jauh didepan dengan titik kulminasi yang
sulit ditebak merupakan pekerjaan yang terkadang sulit dipastikan nilai
kebenarannya. Meskipun demikian prospek pendidikan silam di Indonesia pada masa
mendatang, harus pula dikaji dan diteropong melalui lensa realitas pendidikan
Islam di Indonesia yang ada pada hari ini. Oleh karena itu, meskipun masih
alternatif pendidikan Islam mempunyai batasan kebijakan pendidikan. Maksudnya,
pendidikan Islam mencakup:
1.
Segenap kegiatan yang dilakukan seseorang atau suatu
lembaga untuk menanamkan nilai-nilai Islam dalam diri siswa atau peserta didik.
2.
Semua lembaga pendidikan yang mendasarkan program dan
kegiatan pendidikannya atas pandangan serta nilai-nilai Islam.
3.
Melihat pendidikan Islam yang masih inferior
sehingga perlu mndapat perlakuan istimewa dari induknya, yaitu pendidikan
Nasional, maka wajarlah jika predikat pendidikan Islam di Indonesia pada masa
yang akan datang banyak mengundang perdebatan antara kalangan ahli pendidikan,
baik dari dalam maupun dari luar negeri.
Inovasi Materi Pendidikan Islam
1.
Menggunakan metode inquiry. yaitu memberikan kepada siswa
pengalaman-pengalaman belajar yang nyata dan kreatif. Siswa diharapkan
mengambil inisiatif, mereka dilatih bagaimana memecahkan masalah, membuat
keputusan, dan memperoleh keterampilan. inquiry memungkinkan siswa dalam
berbagai tahap perkembangannya bekerja dengan masalah-masalah yang sama dan
bahkan mereka bekerja sama mencari solusi terhadap masalah-masalah yang sedang
dihadapi.
Kelebihan inquiry yaitu:
·
Metode inquiry dalam
proses belajar mengajar adalah strategi yang melibatkan siswa dalam tanya
jawab, mencari informasi, dan melakukan penyelidikan. Dalam pelaksanaan siswa
bertanggung jawab untuk memberi ide atau pemikiran dan pertanyaan untuk
dieksplorasi (diselidiki), mengajukan hipotesa untuk diuji, mengumpulkan dan
mengorganisir data yang dipakai untuk menguji hipotesa dan sampai pada
pengambilan kesimpulan yang masih tentative (sebagai percobaan).
·
Pembelajaran inquiri
merupakan pembelajaran yang menyenangkan/gembira, dimana dalam prakteknya
langsung pada lapangan dan bukan hanya teori, hal ini sebagaimana pendapat
(Darmansyah :2010).
2.
Dengan
memperbarui materi-materi pendidikan agama Islam sesuai dengan perkembangan zaman,
misalnya dengan menggabungkannya dengan teknologi seperti adanya video
pembelajaran. Seperti video Sholat, Qurban, haji, dll
3.
Dengan
mengkorelasikan pendidikan agama Islam dengan pendidikan yang lain, misalnya
dalam bab Fiqih dalam hal puasa yang dikorelasikan dengan kecerdasan emosional,
kecerdasan spiritual dan kesehatan tubuh.
Thanks ya sob sudah berbagi ilmu .............................
BalasHapusbisnistiket.co.id