Powered By Blogger

Kamis, 13 Desember 2012

INNER BEAUTY

Beauty diterjemahkan sebagai cantik, indah, menarik. Sedangkan Inner bagian dalam. Jadi secara keseluruhan, Inner Beauty bermakna sesuatu yang cantik, menarik, di mana kecantikan tersebut merupakan pancaran dari dalam diri seseorang. Pancaran kuat inilah yang menyebabkan mengapa seseorang tampil begitu penuh mempesona.

Pengertian Inner Beauty jika kita artikan ke dalam Bahasa Indonesia yaitu: Kecantikan bagian dalam" dan disebut juga kecantikan bathiniah. Inner beauty itu tidak terwujud. Kecantikan hakiki adalah kecantikan yang muncul atau timbul dari dalam diri. Namun budaya iklan memabukan dan melenakan para wanita menjadi salah satu pemicu untuk memilih jalan pintas. Padahal kecantikan dari dalam diri tidak berbiaya mahal. hanya ketulusan hati dan rasa syukur yang memberikan aura positif yang tidak kalah dengan kecantikan fisik.
Sekalipun mata paling sering dipercaya untuk melakukan penilaian terhadap kadar kecantikan suatu objek, tapi sesungguhnya indera ini amat kurang memadai. Kita akan mengeksplorasi kecantikan yang lain, yaitu kecantian yang "dilihat" oleh seluruh indera kita, bukan kecantikan yang "Only skin dee". Kecantikan yang sedang kita bicarakan ini mungkin kurang menonjol secara visual. Tetapi pemilik kecantikan yang satu ini akan selalu tampak mengesankan dan menyejukkan mata bagi meraka yang meilhatnya. Orang yang nyaman dengan diri sendiri, bahkan juga menimbulkan kenyamanan bagi orang lain. Ia menunjukan gairah hidup, memiliki bahasa tubuh yang sesuai dengan isi pembicaraan, memiliki empati yang tinggi, dan selalu melibatkan emosi secara proporsional dalam berkomunikasi. ia juga pendengar yang baik, mampu menghidupkan suasana, dan mempunyai pengaruh terhadap orang-orang yang ada disekelilingnya.
Kecantikan yang demikian bersumber dari dalam, dari sikap mental. Sikap mental yang matang, stabil, teruji, dan terpelihara ini akan memancarkan estetika yang secara mistis memancar dari wajahnya. hebatnya lagi, pancaran keindahannya ini dapat dirasakan oleh siapapun yang berada di sekelilingnya. Seetiap orang pada dasarnya merupakan cahaya yang bersinar yang secara kolektif dapat meningkatkan getaran bumi dan mendorong kita mencapai kebahagiaan dan cinta. Kadang-kadang kita gagal melihat inner beauty dan cahaya dalam diri kita sendiri, dan sering kita tidak bisa melihat cahaya dan kecantikan yang muncul pada setiap orang disekeliling kita. Seberapa sering kita untuk melihat kualitas-kualitas yang sebenarnya dan menemukan inner beauty yang berada di dalam diri kita masing-masing?
Kita mungkin merasa bahwa cahaya dari dalam diri kita tidak menyala terang sebagaimana mestinya, koneksi ini akan memantu memantik lagi cahaya di dalam dan kecantikan dari dalam yang berada di dalam diri kita dan membantu kita melihat kebaikan orang lain dengan lebih jelas. Dapat dikatakan  bahwa inner beauty seorang wanita merupakan kecantikan yang tidak bisa dilihat jika hanya mengandalkan mata  saja. Maksudnya, sesuatu yang sering kali tak kasat mata, namun sebenarnya sangat indah dan tersimpan di balik fisik sang wanita. "kecantikan " itu sendiri dapat berupa kepribadian yang baik dan menyenangkan, kecerdasan, keteranpilan/keahlian tertentu, keberanian, kepedulian pada sesama, dan lain sebagainya yang akan membrikan nilai tambah pada diri seorang wanita.
Mereka yang memiliki inner beauty, secara fisik mungkin biasa-biasa saja, atau katakanlah nilai cuma rata-rata, tetapi ada pesona lain yang ditebarkan. Sehingga penampilannya secara keseluruhan terlihat lebih menarik. Memang tidak dapat dipungkiri, pesona pada diri seseorang seringkali bersumber dari fisik. Artinya, Anda yang berwajah ganteng, cantik, bertubuh proporsional plus ditunjang pakaian dan penampilan yang keren, akan terlihat menarik. Tapi pesona lahir seperti ini akan luntur ketika tidak didukung oleh pesona dari dalam. Pesona dari dalam itu antara lain, intelektual dan perilaku menyangkut etiket dan tata krama dalam menghadapi orang lain. Pesona dari dalam inilah yang kerap disebut sebagai kharisrma atau inner beauty.
Perempuan dengan inner beauty akan merasa nyaman dengan dirinya sendiri, mengetahui kelemahan serta kelebihanya, sehingga dapat meminimalisir kekurangan tersebut menjadi sesuatu yang bahkan akan tidak tampak sama sekali, dan tidak membiarkannya mengganggu kenyamanan dirinya dalam bersosialisasi. ia juga tahu bagaimana menonjolkan kelebihannya menjadikan sebagai point plus, cerdas, percaya pada diri sendiri, serta menebarkan alur positif ke mana pun dia melangkah dan di mana pun dia berada. cantik itu harus ditekankan pada pencitraan diri secara positif, bahwa apa, siapa, dan bagaimana pun bentuknya, selama ia menghargai dirinya sendiri, merawat tubuh dan memelihara jiwanya, maka dia termasuk dalam kategori perempuan dengan inner beauty. Sesuatu yang tidak terlihat oleh mata, tidak dapat dikatakan cantik atau jelek. Indah dan cantik berkaitan dengan mata, enak berkaitan dengan lidah, nikmat berkaitan dengan alat perasa dan peraba, merdu berkaitan dengan telinga. 
 
 

Cara Jitu Mengeluarkan Inner Beauty Wanita

  1. Percaya Diri, wanita yang percaya diri secara tidak sadar akan menampakkan Inner beauty yang sempat terkurung didalam tubuh.
  2. Pertahanan Diri, Tidak mudah terpengaruh oleh orang lain dan selalu dapat menahan keinginnan yang berlebihan.
  3. Sopan saat berucap, Inner beauty akan jelas nampak terlihat orang lain saat kita sopan berucap dan selalu berfikir terlebih dahulu saat akan mengucapkan sesuatu agar tidak menyinggung ataupun menyakiti orang lain.
  4. Tampil Bersih, Bagaiman Inner Beauty akan muncul jika kecantikan dari luar saja tidak dapat kita rawat. Syarat tertentu untuk memunculkan kecantikan dari dalam diri adalah menampilkan kecantikan dari luarnya terlebih dahulu.
  5. Tersenyum, Senyuman yang tulus akan memunculkan Inner beauty yang tidak dapat kita duga. Selalu tersenyum dengan tulus apapun itu bentuknya.
  6. Meredam amarah atau keinginan untuk menyakiti orang lain, karena hal itu akan mengurangi aura kecantikan. Lagipula dalam ilmu kedokteran disebutkaN bahwa amarah menyebabkan kerusakan sel syaraf sebanyak 50.000 sel. Dibutuhkan waktu yang lama atau sedikitnya 128 hari untuk memulihkan sel-sel tersebut seperti sedia kala. Tidak mengherankan beta pun cantik dan menariknya fisik seorang wanita, maka ia akan terlihat sangat jelek dan menyebalkan bila dirinya dikuasai amarah atau nafsu untuk menyakiti orang lain. Maka binalah sikap cara berfikir positif. Aura kecanttikan anda semakin bersinar terang dan diri anda terlihat jauh lebih muda dan segar bila anda selalu berfikir positif.
  7. Mencintai diri sendiri tanpa syarat, apapun adanya diri anda. Apabila anda tidak mampu mencintai diri sendiri, maka anda pun tidak dapat mencintai dan menyayangi orang lain. Logikanya, anda tidak akan dapat memberikan sesuatu yang tidak anda miliki.  Kita mulai dengan mengenal diri kita yang sebenar-benarnya. Kita harus berani mengakui kelemahan, kekurangan dan lekebihan serta keunggulan kita. Terkadang kitapun harus berlapang dada menerima kritikan  dan masukan dari orang lain karena barangkali tidak semua sisi dari diri kita ini, kita mampu untuk mengenalinya. Jangan berburuk sangka dan cobalah untuk melihat kekurangan dengan mencari sisi positifnya. memang tidak semua hal yang terjadi sesuai dengan keinginan kita. Kalau ada hal-hal yang tidak sesuai, kita harus ikhlas menerima bahwa inilah porsi hidup yang harus kita jalankan saat ini. Dengan terlebih dahulu mencintai diri sendiri, maka anda baru akan bisa memancarkan cinta dan kasih sayang kepada makhluk disekeliling anda. Cinta dan kasih sayang yang tulus dari dalam hati meenjadikan seluruh aspek di dalam diri anda terlihat istimewa. Cinta dan kasih sayang akan memancarkan aura kecantikan anda yang luar biasa. Selain mencintai diri sendiri apa adanya, Anda juga dapat memupuk kebaikan  kepada orang lain dengan melakukan visualisasi. Caranya dalah dengan meluangkan waktu untuk membayangkan diri anda berbagi kebaikan kepada orang lain. Lakukan visualiasai seperti itu dimana pun anda berada, karena dapat meningkatkan energi cinta dan kasih sayang dari dalam diri anda. Sehingga tanpa anda sadari, suatu ketika sikap anda juga akan penuh kasih sayang. Aura kecantikan anda pun akan memancar dengan sendirinya. Semakin banyak cinta yang anda pancarkan tanpa syarat, maka semakin tinggi aura kecantikan yang anda miliki. Satu hal yang terpenting untuk diperhatikan bahwa kecantikan itu terpancar dari dalam hati yang damai. Aura kecantikan tidak dapat timbul dari dalam jiwa yang kosong dan hampa. hati yang damai juga tidak dapat tergantikan oleh kekayaann, kemolekan tubuh dan wajah, ketenaran, posisi, dan lain sebagainya.
  8. Bersyukur dan beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa merupakan aktifitas yang lebih menjanjikan kedamaian hati. Luangkanlah lebih banyak waktu untuk bersyukur dan beribadah kepada Tuhan sesuai dengan keyakinan anda. Aura kecantikan akan akan terpancar lebih terang dari seseorang yang memiliki kedamaian spiritual, dimana dia menemukan harapan baru, optimisme, dan kebahagiaan hakiki. Pada dasarnya penampilan memang penting supaya seorang wnaita terlihat rapi, cantik dan menarik. Tetapi karakteristik itu ternyata jauh lebih penting, karena kecantikan yang berasal dari kemurnian hati dan jiwa lebih mudah menjadi pusat kekaguman banyak orang. Pesan BlogMamen, jagalah diri dan inner beauty atau keluhuran budi pekerti betapa pun kecantikan anda.

Inner Beauty Muslimah

Setiap muslimah senantiasa mendambakan kecantikan fisik.
Tetapi ingat, kecantikan dari dalam ( inner beauty ) adalah hal yang lebih penting dari pada kecantikan fisik belaka.
Karena,apa gunanya seorang muslimah cantik fisik tapi tidak memiliki akhlak terpuji.
Atau,apa gunanya cantik fisik tetapi dibenci orang-orang sekitar karena tindak tanduknya yang tidak baik.
Karena itu kecantikan dari dalam memang lebih diutamakan untuk menjaga citra diri seorang muslimah.

Menjaga kecantikan dari dalam berarti menjaga etika dan budi pekerti baik,serta menggunakan anggota tubuh untuk hal-hal yang baik berdasarkan sudut pandang syariat Islam.

Sebagai contoh,bibir yang indah tak hanya indah menarik secara fisik,tapi juga meniscayakan penuturan kata-kata baik dan ucapan santun.
Tutur kata yang santun serta ucapan yang baik memberi kesan mendalam bagi orang lain.

Allah pun dengan tegas menyatakan bahwa antara ciri hamba-Nya yang baik adalah,mereka yang baik ucapannya.
Mereka yang apabila dihina atau dicaci oleh orang jahil ( tak berilmu ),mereka tidak membalas kecuali dengan kata-kata baik dan lemah lembut.
Allah berfirman :
"Dan hamba-hamba Tuhan yang Maha Penyayang itu ( ialah ) orang-orang yang berjalan di atas muka bumi dengan rendah hati dan apabila orang jahil menyapa mereka,mereka mengucapkan kata-kata ( yang mengandung ) keselamata".
( Al.Furqan:63 )

Tak hanya itu,muslimah yang baik akan meninggalkan perkataan-perkataan yang tidak bermanfaat.
Rasulullah bersabda :
"Termasuk dari kebaikan Islam seseorang adalah meninggalkan apa-apa yang tidak penting baginya"
Mengenai hadist ini Imam Ibnu Rajab Al-Hambali mengatakan,"Kebanyakan pendapat yang ada tentang magsud meninggalkan apa-apa yang tidak penting adalah menjaga lisan dari ucapan yang tidak berguna".
Dalam Ad-Daa wa Ad-Dawaa,Imam Ibnu Qayyim Al-Jauziyah menerangkan lebih lanjut, "Menjaga lisan adalah agar jangan sampai seseorang mengucapkan kata-kata yang sia-sia,apabila dia berkata hendaklah berkata yang diharapkan terdapat kebaikan padanya dan manfaat bagi agamanya"
Apabila dia akan berbicara,hendaklah dia pikirkan,apakah dalam ucapan yang akan dikeluarkan terdapat manfaat dan kebaikan atau tidak ?
Apabila tidak bermanfaat hendaklah dia diam,dan apabila bermanfaat hendaklah dia pikirkan lagi,adakah kata-kata lain yang lebih bermanfaat atau tidak ? Supaya tidak menyia-nyiakan waktunya dengan yang tidak bermanfaat.

Termasuk dalam hal ini adalah menjauhi perbuatan gibah yang berkaitan erat dengan lisan yang mudah bergerak dan berbicara.
Maka hendaklah para muslimah memperhatikan apa-apa yang akan diucapkan.
Jangan sampai jatuh dalam perbuatan gibah yang tercela.
Bila setiap wanita muslim bisa menjaga lisan dari mengganggu atau menyakiti orang lain,insya Allah mereka akan menjadi wanita muslimah sejati.
Rasulullah bersabda :
"Seorang muslim sejati adalah bila kaum muslimin merasa selamat dari gangguan lisan dan tangannya" ( HR.Muslim )

Demikian juga dengan anggota tubuh lainya seperti mata.
Untuk menjadikan mata sepasang mata yang indah dan mempesona,maka pandanglah kebaikan-kebaikan dari orang-orang,jangan mencari-cari keburukan mereka.
Allah berfirman mengenai hal ini :
"Hai orang-orang beriman,jauilah kebanyakan dari prasangka.
Sesungguhnya sebagian prasangka adalah dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain",( Al-Hujarat :12 )

Rasulullahpun mewanti-wanti,"Wahai sekalian orang yang beriman,dengan lisannya yang belum sampai ke dalam hatinya,janganlah kalian mengganggu kaum muslimin,janganlah kalian menjelek-jelekannya,janganlah kalian mencari-cari aibnya.
Barang siapa yang mencari-cari aib saudaranya sesama muslim,niscaya Allah akan mencari aibnya.
Barang siapa yang Allah mencari aibnya,niscaya Allah akan menyingkapnya,walaupun di dalam rumahnya" ( HR.At Tirmidzi )
Dan terpenting lagi,mempergunakan mata untuk hal-hal yang diridhai Allah dan Rasul-Nya.
Hal ini berarti tidak mempergunakan mata untuk bermaksiat.
Pandangan mata adalah mata air kemuliaan,juga sekaligus duta nafsu syahwat.

Betapa banyak manusia mulia yang didera nestapa dan kehinaan,hanya karena mereka tidak bisa mengendalikan mata.
Yaitu ketika matanya tidak ...


Sumber:
1. http://www.blogmamen.com/2012/08/apa-sebenarnya-arti-inner-beauty.html
2. http://www.tarikulur.com/cara-jitu-mengeluarkan-inner-beauty-wanita-dengan-mudah
3. http://www.blogmamen.com/2012/10/tips-cara-memancarkan-inner-beauty.html

1 komentar:

  1. The Biggest Poker Room in the World - Dr.MD
    › wiki › 남양주 출장마사지 The_Big_Poker_Room_ 의왕 출장샵 › wiki › 성남 출장샵 The_Big_Poker_Room_ The Biggest Poker Room in the 순천 출장샵 World. 상주 출장샵

    BalasHapus