Powered By Blogger

Senin, 03 Desember 2012

Tips Mencegah Mata Bintitan




Mata adalah jendela dunia. Melalui kedua mata yang ukurannya relatif kecil dibanding keseluruhan tubuh ini, kita bisa menyerap segala macam informasi. "Melalui mata ini sekitar 83 persen informasi kita dapatkan. Karena itu, jaga kesehatannya, jangan sampai fungsinya terganggu," kata dr.Tjahjono D.Gondhowiardjo, Sp.M. Agar terhindar dari masalah bintit, ia menganjurkan kiat-kiat berikut ini:
1. Jaga kebersihan
Menjaga kebersihan tidak sebatas pada kelopak mata, karena tubuh secara menyeluruh juga harus bersih. Intinya, bila kebersihan tubuh terjaga, akan meminimalkan peluang bakteri menginfeksi atau menimbulkan peradangan, termasuk pada kelopak mata.
2. Sering mencuci tangan
Kebanyakan pada usia anak-anak, bintitan paling sering terjadi bila tangan kotor tanpa sengaja digunakan untuk mengucek mata yang terasa gatal. Meski kelihatannya sepele, gerakan kecil ini bisa memunculkan efek yang tidak ringan. Kalau ada bakteri yang ikut terbawa saat mengucek mata, bukan tidak mungkin esoknya sudah jadi bintitan.
3. Waspada jika mata sering gatal
Bila mata terasa atau bahkan sering gatal-gatal, sebaiknya bersihkan dengan tetes mata atau dikompres. Jadi, jangan dibiarkan saja karena sangat mungkin rasa gatal tersebut merupakan gejala awal terjadinya peradangan.
4. Mengistirahatkan mata
Bila mata sering difungsikan secara maksimal karena kurang tidur, terlalu banyak membaca, terlalu banyak bekerja atau main games di komputer, mata bakal cepat lelah, gatal, dan mungkin terjadi peradangan. Keluhan seperti ini umumnya dialami anak yang berbakat bintitan. Namun, meski Anda tidak berbakat, akan lebih baik jika sering mengistirahatkan mata di sela-sela waktu kerja.
5. Lindungi mata
Di lingkungan yang penuh debu dan asap, gunakan pelindung seperti kacamata, supaya mata tidak mudah teriritasi.

Penyebab Mata Bintitan
  • Mata Bintitan sering diidentifikasikan sebagai akibat dari sering mengintip. Tentu saja hal tersebut salah kaprah. Mata Bintitan, atau dalam bahasa medisnya adalah Hordeolum, merupakan salah satu jenis infeksi mata yang umum terjadi dan disebabkan oleh bakteri Staphylococcus yang terperangkap dalam kelenjar air mata. Gejala yang timbul akibat terserang bakteri ini adalah kelopak mata terasa bengkak dan nyeri jika diraba, timbul benjolan kecil dan kadang-kadang juga disertai dengan keluarnya kotoran mata berlebih. Mata Bintitan dapat menimbulkan rasa sakit, jika bintitnya besar dapat menyebabkan pembengkakan pada mata atau mengakibatkan rasa sakit di kepala yang berhubungan dengan penglihatan. Dalam beberapa kasus Mata Bintitan yang lebih serius bahkan dapat mengakibatkan Blepharitis. Kebanyakan bintit timbul di bagian luar kelopak mata, benjolannya kecil serta akan hilang sendirinya tanpa meninggalkan bekas. Namun, dalam beberapa kasus Mata Bintitan, benjolan timbul di bagian bawah kelopak mata dan biasanya mengeluarkan nanah. Kondisi ini membutuhkan treatment khusus dari dokter spesialis mata. Jika tidak diobati dengan benar, Mata Bintitan dapat menyebabkan penyebaran infeksi sampai ke kelenjar yang berada di sekitar kelopak mata dan memicu penyakit yang lebih serius seperti Chalazia atau Preseptal Selulitis.
  • Mata Bintitan memiliki dua fase, yaitu fase infiltratif dimana bintitnya masih meradang dan nyeri dan dapat diobati dengan kompres air dingin untuk mengurangi radang dan penggunaan tetes mata atau salep mata maupun pengobatan antibiotika secara oral. Fase kedua dinamakan fase supuratif yaitu tahap dimana Mata Bintitan memerlukan tindakan operasi inisisi dan kuretase karena pengobatan topikal dan oral tidak dapat dilakukan lagi.
Mengatasi Mata Bintitan Secara Tradisional
  • Jika anda menderita Mata Bintitan tahap awal dan ingin mencoba pengobatan tradisional, anda dapat menempelkan iris bawang putih pada kelopak mata yang bintitan selama beberapa detik sampai terasa agak perih, kemudian lepaskan lalu cuci bersih mata dengan air. Lakukan tiga kali sehari sampai sembuh. Bawang putih secara alami mengandung antibiotika, namun efek samping yang biasanya terjadi adalah kelopak mata menjadi kemerahan.
  • Mencuci mata dengan air daun sirih. Rendam beberapa lembar daun sirih ke dalam air beberapa menit lalu rebus. Setelah dingin, pakai air rebusan daun sirih tersebut untuk mencuci mata yang bintitan. Gunakan gelas khusus untuk mencuci mata.
Sebagai pencegahan, jangan gosok kelopak mata sebab hal tersebut hanya akan menyebabkan infeksi pada kelopak Mata Bintitan meluas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar